A. Sasaran
Tujuan menurut kegiatan Komunikasi, Informasi & Edukasi (KIE) adalah buat merubah perilaku sesuai dengan pesan yang disampaikan. Agar penyampaian pesan dapat terealisasi dengan berhasil guna & berdaya guna (efisien dan efektif) maka tahap awal menurut kegiatan tersebut merupakan memilih siapa target yang akan dituju. Prinsip pada menentukan sasaran KIE Gizi Seimbang adalah ?Sasaran bukan hanya sebagai objek saja namun jua menjadi subjek?. Dalam kaitan dengan tujuan KIE Gizi Seimbang buat merubah konduite semua lapisan rakyat, maka sasaran berdasarkan KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Sasaran primer :
a. Masyarakat dari aneka macam grup usia
b. Masyarakat berdasarkan aneka macam lapisan ekonomi
c. Masyarakat berdasarkan aneka macam lapisan pendidikan
dua. Sasaran antara :
a. Penentu kebijakan
b. Pengelola Program
c. Lembaga Swadaya Masyarakat
d. Kader
e. Organisasi Profesi
f. Media Massa
g. Dunia Usaha
h. Mitra Pembangunan Internasional
i. Lembaga pendidikan:
1) Sekolah : TK, Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi
2) Madrasah : RA, MI, MTs., MA, PTAI
tiga) Pondok Pesantren
j. Lembaga sosial dankeagamaan
k. Kelompok Komunitas
B. Metode
Setelah target dipengaruhi, tahap selanjutnya adalah memilih metode yg sempurna agar proses penyampaian pesan bisa berjalan dengan baik & sahih. Metode yg dipilih merupakan metode yang bisa membuatkan prinsip ?Komunikasi partisipatif/komunikasi 2 arah? Yg dilaksanakan baik secara formal juga informal. Jenis metode yang perlu dilaksanakan dalam KIE Gizi Seimbang adalah :
1. Penyampaian secara pribadi yaitu :
a. Social marketing/pemasaran sosial seperti kampanye, penyuluhan, pencanangan, siaran melalui media, penyebaran melalui media cetak, penyebar luasan melalui media sosial misalnya facebook, twitter dan Internet
b. Melalui lomba
c. Sayembara
d. Pengangkatan seseorang duta Gizi Seimbang menjadi panutan buat memotivasi perubahan konduite
2. Penyampaian secara tidak langsung seperti :
a. Pelatihan dan pendidikan secara berjenjang
b. Semiloka/lokakarya/sarahsehan
c. Pembentukan kelompok diskusi terarah (Focus Group Discussion)
C. Media & Alat
Agar metode yg dipilih bisa berjalan efektif & efisien, perlu didukung menggunakan media dan indera yang sempurna. Berbagai media & alat yang tersedia di warga dapat dipakai secara optimal. Media yg dapat bisa dipakai pada aktivitas KIE Gizi Seimbang merupakan:
1. Media elektronika seperti radio, televisi, bioskop, telepon dan video
2. Media cetak seperti koran, majalah, brosur, leaflet, booklet, kalender, lembar pulang dan kitab saku
3. Media online seperti web, facebook, twitter dan youtube
4. Media audio misalnya lagu, jingle dan yel - yel.
D. Lingkup Materi
Sesuai menggunakan tujuan KIE buat membarui konduite maka lingkup materi menjadi pesan yang akan disampaikan wajib kentara, gampang dipahami, gampang dimengerti & mudah dipraktekkan. Dalam kaitan dengan pendidikan Gizi Seimbang yg bertujuan untuk mengubah konduite rakyat ke arah ?Pola konsumsi gizi seimbang?, materi yang akan disampaikan mencakup :
1. Pengertian dan prinsip Gizi Seimbang
2. Pesan Gizi Seimbang baik yg bersifat umum maupun khusus
3. Slogan & visual Gizi Seimbang
4. Contoh-contoh sajian sehat & bergizi
Jangan lewatkan:
StrategiDan Implementasi Komunikasi Informasi Dan Edukasi Gizi Seimbang