Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan bisa menjembatani pemahaman para guru pada hal evaluasi pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat menaikkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 57 menyatakan bahwa evaluasi dilakukan pada rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yg berkepentingan. Evaluasi dilakukan terhadap siswa, lembaga, & acara pendidikan pada jalur formal & nonformal buat semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Sebagai bagian dari evaluasi, Indonesia melakukan benchmark internasional dengan mengikuti Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA).

Hasil TIMMS tahun 2015 untuk kelas IV sekolah dasar, Indonesia menerima homogen-homogen nilai 397 dan menempati peringkat 4 terbawah dari 43 negara yang mengikuti TIMMS (Sumber: TIMMS 2015 International Database). Sekitar 75% item yg diujikan dalam TIMSS telah diajarkan pada kelas IV SD & hal tadi lebih tinggi dibanding Korea Selatan yang hanya 68%, tetapi kedalaman pemahamannya masih kurang. Dari sisi usang pembelajaran siswa SD dan jumlah jam pelajaran matematika, Indonesia termasuk paling lama di antara negara lainnya, namun kualitas pembelajarannya masih perlu ditingkatkan.

Sementara untuk PISA tahun 2015, Indonesia mendapatkan rata-rata nilai 403 untuk sains (peringkat ketiga dari bawah), 397 untuk membaca (peringkat terakhir), dan 386 untuk matematika (peringkat kedua dari bawah) dari 72 negara yang mengikuti (Sumber: OECD, PISA 2015 Database). Meskipun peningkatan capaian Indonesia cukup signifikan dibandingkan hasil tahun 2012, namun capaian secara umum masih di bawah rerata negara OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Bila peningkatan

terus dipertahankan, maka dalam tahun 2030 capaian Indonesia diprediksi dapat menyamai OECD.

Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa dengan menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Salah satu materi yang dikembangkan pada program PKP adalah Penilaian Berbasis HOTS. Materi ini bertujuan untuk membekali guru agar mampu melaksanakan penilaian berbasis HOTS sehingga siswa terbiasa dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Dasar Hukum

Buku yang menjadi pegangan pada membuatkan evaluasi berorientasi kepada keterampilan berpikir taraf tinggi, dikembangkan menggunakan memperhatikan beberapa dasar kebijakan & peraturan sebagai berikut.

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen.

Tiga. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Pengajar sebagaimana sudah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 mengenai Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Lima. Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter;

6. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2016 mengenai Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar & Menengah.

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

8. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan.

Buku pegangan ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:

1. Memberikan acuan kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

2. Memberikan acuan pada ketua sekolah dalam aplikasi pengawasan akademik terhadap pengajar pada melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

3. Memberikan acuan dalam pengawas sekolah dalam aplikasi pengawasan akademik dan manajerial terhadap aplikasi penilaian berorientasi dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku ini adalah sebagai berikut:

1. Guru Jenjang Sekolah Dasar (SD), SMP (SMP), SMA (Sekolah Menengah Atas), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) buat mata pelajaran adaptif & normatif.

2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Tiga. Kepala Sekolah /Madrasah.

4. Pengawas Sekolah /Madrasah.

Sekian keterangan Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun 2018 ini semoga berguna bagi sahabat sekalian. Unduh Buku Penilaian Berorientasi HOTS

Post a Comment

Previous Post Next Post